Agar Kualitas Beras Terjaga, Ukur Kadar Air Padi Atau Gabah Dengan Alat Ini


  •  
Baik gabah maupun beras perlu dilakukan pengukuran kadar air secara akurat baik sebelum panen, saat pengeringan, penggilingan ataupun saat penyimpanan.
Kadar air pada gabah atau beras menggunakan ukuran persentase, dan untuk mengukurnya menggunakan alat ukur kadar air dalam benih atau moisture meter. Baik gabah maupun beras dan juga biji-bijian lainnya perlu dilakukan pengukuran kadar air secara akurat. Sebab jika tidak akan menyebabkan hal-hal berikut:
  • Sebagai contoh jika gabah dipanen dalam kondisi kadar air yang tinggi bisa menambah biaya dalam pengeringannya.
  • Gabah yang basah atau memiliki kadar air yang tinggi akan lebih mudah rusak karena jamur dan bakteri akan lebih mudah muncul dan merusak gabah atau beras tersebut.
  • Beras dengan kadar air yang tinggi akan mudah patah saat digiling dengan cara yang salah, sehingga menimbulkan kerugian yang lebih besar.
  • Selain itu jika beras terlalu kering, maka akan mengurangi berat dan akan menimbulkan kerugian.
Untuk itu petani harus memperhatikan tingkat kadar air pada padi, bahkan saat akan dipanen, karena kadar air yang tinggi akan membuat kualitas beras menjadi rendah; sedangkan kalau kadar airnya terlalu rendah juga akan membuat gabah akan mudah patah saat nanti masuk ke penggilingan.
Jadi sebelum melakukan panen, petani bisa mengambil sedikit padi sebagai contoh, dan mengukur kadar airnya dengan alat ukur kadar air benih elektronik yang sangat praktis digunakan, dan langsung memperlihatkan hasil saat itu juga. Kadar air padi saat akan dipanen baiknya berada dikisaran 20-25%.
Panca Prima Wijaya menyediakan alat ukur kadar air benih atau moisture meter ini, yaitu yaitu Shizuoka Seiki Comet CD-6E. Alat ukur kadar air benih ini merupakan buatan Jepang yang akan memberikan hasil pengukuran yang akurat dan presisi. Selain itu Shizuoka Seiki Comet CD-6E bisa digunakan untuk mengukur 13 macam biji-bijian, antara lain, beras merah, beras putih, gabah, gabah kering, gandum, kacang kedelai, soba, kacang merah, jagung, biji rapa, dll.
Untuk informasi lebih lengkap tentang Shizuoka Seiki Comet CD-6E, segera hubungi PT. Panca Prima Wijaya melalui telephone atau melalui Whatsapp di 085313200188. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini