Peralatan Analisis

Dampak Derajat Sosoh Beras Pada Kualitas Tekstur Nasi, Ini Alasan Beras Premium Disukai


  •  
Masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai beras premium yang tampak putih dan jika dimasak menjadi nasi terasa pulen.
Masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai beras premium yang tampak putih dan jika dimasak menjadi nasi terasa pulen. Ternyata ada hubungannya loh antara tingkat derajat sosoh beras dengan kepulenan beras tersebut.
Untuk mengolah padi menjadi beras premium ternyata membutuhkan proses cukup panjang. Dimulai dari padi yang masih lengkap dengan sekamnya diproses menjadi beras pecah kulit, ini dilakukan dengan proses penggilingan sehingga beras terkelupas dan dipisahkan dari sekamnya.
Setelah itu beras pecah kulit (PK) tadi akan menjalani proses pembersihan dan penyosohan, karena beras PK masih mengandung lapisan dedak dan bekatul yang perlu dibersihkan sehingga menghasilkan beras yang putih dan tingkat transparansinya bagus berdasarkan tingkatannya.
Pada proses penyosohan, terjadi proses pengupasan kulit beras yang berwarna perak dan lapisan dedak atau kulit arinya. Kulit ari beras sendiri terdiri dari tiga lapisan yang membungkus endosperm beras, ketiga lapisan itu adalah lapisan pericarp, lapisan tegmen atau testa dan lapisan aleuron.
Beras yang sudah melewati proses penyosohan warnanya menjadi putih dan mengkilap, hal itu disebabkan karena pati endosperm merupakan bagian terputih dari beras. Jadi semakin beras menjalani proses penyosohan warnanya semakin putih.
Di beberapa negara, penentuan tingkat penyosohan menggunakan patokan berapa lama waktu penyosohan. Akan tetapi cara tersebut kurang akurat dan efesien, karena hasil akhir beras yang disosoh akan berbeda-beda berdasarkan tingkat ketahanan beras terhadap gesekan.
Untuk itu pengukuran derajat sosoh dan tingkat tranparansi berat membutuhkan alat khusus, yang biasanya digunakan oleh laboratorium penggilingan padi atau pabrik-pabrik beras, yaitu mesin uji mutu beras atau Milling Degree Meter.
PT Panca Prima Wijaya saat  ini menyediakan mesin lab uji mutu beras Milling Degree Meter Trenocci TMD-2E dengan kualitas terbaik dan memiliki keakuratan yang tinggi. Selain akurat dan berkualitas, Miling Degree Meter Trenocci TMD-2E juga praktis, karena bisa terhubung langsung dengan printer, sehingga hasil pemeriksaan terhadap derajat sosoh dan transparansi bisa langsung dicetak.
Untuk informasi dan juga demo mesin uji mutu beras Milling Degree Meter Trenocci Anda bisa langsung menghubungi PT Panca Prima Wijaya melalui telephone atau Whatsapp di 085313200188. Tim kami akan dengan senang hati memberikan penjelasan kepada Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini