Peralatan Analisis

Mengenal Derajat Sosoh, Ukuran Kualitas Beras Dari Premium Hingga Medium


  •  
Saat ini masyarakat mengenal beberapa tingkatan kualitas beras, mulai dari kelas premium dan medium, karena sudah ada standar yang ditetapkan atau SNI
Saat ini masyarakat mengenal beberapa tingkatan kualitas beras, mulai dari kelas premium dan medium, karena sudah ada standar yang ditetapkan atau SNI, hal ini sebelumnya sudah dibahas dalam artikel berjudul “Wajib Diketahui Para Pahlawan Pangan, 4 Standar Mutu Beras Berdasarkan SNI.” Salah satu ukuran yang penting dalam menentukan kualitas tersebut adalah derajat sosoh dari beras tersebut.
Apa sih derajat sosoh itu?
Berdasarkan kamus pertanian, derajat sosoh adalah persentase tingkat terlepasnya lembaga dan lapisan kulit ari yang melapisi biji beras. Jika mengacu pada SNI, maka derajat sosoh hanya diperbolehkan minimal 80%, tidak boleh lebih rendah dari itu.
Derajat sosoh 0% adalah beras yang tidak disosoh sama sekali, sedangkan derajat sosoh 100% adalah penyosohan yang melepas seluruh lapiran perikarp, testa, aleuron dan lembaga dari butir beras pecah kulit.
Derajat sosoh menjadi syarat dalam kualitas beras karena menentukan tingkat putihnya warna beras, karena hal ini juga hal yang disukai oleh konsumen.
Untuk beras Premium, tingkat derajat sosohnya harus mencapai 100%, sedangkan untuk kelas medium terbagi tiga, yaitu medium I dengan derajat sosoh 95%, Medium II dengan derajat sosoh 90% dan Medium III dengan derajat sosoh 80%.
Selain derajat sosoh, persyaratan untuk standarisasi beras adalah kadar air, tingkat keputihan dan transparansinya. Untuk melakukan pengukuran derajat sosoh, transparansi dan tingkat keputihan beras harus menggunakan alat khusus, yaitu Rice Milling Degree Meter atau Mesin Lab Uji Mutu Beras. 
Kali ini PT Panca Prima Wijaya memperkenalkan Rice Milling Degree Meter produksi Trenocci, dengan alat ini produsen beras bisa langsung mengukur derajat sosoh beras, tingkat transparansi, dan keputihan beras. Selain akurat, mesin lab uji mutu beras dari Trenocci ini juga sangat praktis karena hasil pengetesan akan bisa langsung di print.
Untuk melihat demo Rice Milling Degree Meter Trenocci ini, bisa langsung lihat videonya dengan KLIK DISINI.
Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang mesin lab uji mutu beras Rice Milling Degree Meter Trenocci atau membutuhkan demo langsung alat ini, langsung hubungi PT Panca Prima Wijaya melalui telephone atau melalui Whatsapp di 085313200188. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini